google-site-verification: google4086a67cad748863.html Mengelola Uang THR Untuk Anak Kost | Nurelice | Parenting Blogger

Mengelola Uang THR Untuk Anak Kost

Salah satu yang ditunggu dari lebaran adalah angpao, biasanya anak-anak sudah menyiapkan dompet/tas kesayangannya karena tau banyak orang dewasa akan memberikan THR. Meski sebagai orangtua, kita memiliki prinsip untuk tidak mengajarkan anak meminta-minta angpao saat lebaran, faktanya anak akan tetap tau dan minta saat hari H tiba. Ntah karena anak melihat dan mencontoh anak yang usianya di atasnya atau karena pengaruh ucapan boomer [re: the eyangs] wkwkwk.

Dulu, ketika saya masih osis dan ngekost, dapet THR itu semacam dapetin iPhone keluaran terbaru. Seneeeeng sampe terus dihitung, hahaha. Tapi, namanya uang, masuknya susah minta ampun, keluarnya gampiiil banget. Ketika dompet udah tinggal tersisa gambar cemberut yang angka nol-nya paling banyak 4, baru deh sadar, "kemana aja uangnya? Padahal baru H+5".

Buat anak kost yang di zamannya nggak ada platform beli makanan yang serba cepat dan banyak diskon, menghemat uang THR dengan cara ngindomie terus (nggak ngafe) itu susah, karena mikirnya kapan lagi coba jajan dan nyobain makanan enak yang lagi banyak diomongin orang-orang, kan? Nah, saya mau berbagi tips dan pengalaman saya dalam mengelola uang THR buat anak kost supaya bisa makan enak tapi tetep uang THR-nya panjang umur.

1. Jangan asal beli 
Pengalaman saya, karena ngerasa uang THR itu mutlak punya sendiri jadi bebas beli apapun yang dimau, bahkan beli satu barang sampe menghabiskan semua uang THR. Makin berumur, pikiran tentang mengelola uang pun makin terbuka. Dulu, saya menetapkan hanya 30% aja dari uang THR untuk membeli kemauan. Kalau harga barang yang dimau jauh dari 30%-nya uang THR, ya bhay~ 

2. Beli kebutuhan online
Waktu zaman saya ngekost belum ada e-commerce, jadi semua kebutuhan saya beli secara offline. Jauh berbalik dengan sekarang, mau beli apapun bisa melalui aplikasi. 

Nggak ada salahnya kalau anak kost lebih pilih belanja online karena selain perbedaan harga yang lebih murah, juga banyak sekali promonya. Asal, belinya nggak mepet pas kebutuhan harian abis aja, heheh. 

3. Makan dimanapun, bawa minum sendiri
Ini melanggar peraturan resto memang, tapi apa daya anak kost dengan budget minimum tapi kemauan maksimum ini~ tapi kalau dapet THR bawaannya kan emang pengen foya-foya terus, wkwkwk. Dulu saya selalu bawa minum kemana-mana, bahkan ke sekolah. Ketika oranglain beli teh sosro atau teh kotak, saya tupperware isi air galon gocengan. :D 

Karena saya orangnya jarang banget minum selagi makan, jadi, saya minum pas pulang atau di wastafel toilet-nya hahaha. Nggak pantes ditiru sih emang, tapi ini menekan budget jajan banget, kalau kita nggak bawa minum, harus ngeluarin minimal 10K buat jus. 


0 Comments