google-site-verification: google4086a67cad748863.html MENILAI TAK BISA PADAHAL BISA | Nurelice | Parenting Blogger

MENILAI TAK BISA PADAHAL BISA


Jadi, kemarin saya memberanikan diri naik sepeda lagi. Pertama dan terakhir kali saya naik sepeda waktu saya kurang lebih usia 9 tahun, waktu masih SD. Waktu itu saya iseng pinjem sepeda temen yang habis khitan, karena di desa saya, sepeda kayaknya wajib beli pasca khitan. At least 5 harian saya belajar dan bisa, walau enggak jago.

Iya, itu pertama dan terakhir naik sepeda seinget saya. Saya gak pernah lagi sepedaan setelahnya, pun gak pernah minta beliin ke orangtua, karena ya males aja, temen cewek yang seusia saya waktu itu pada gak punya sepeda. Mereka lebih prefer main rumah-rumahan dari tanah, sondah, petak umpet, endeble-endeble. Jadilah, saya kurang tertarik beli/main simply karena kalau sama cowok main sepedanya enggak sepelan cewek kan, satu. Dua, mainnya kemana-mana dong shay kalau cowok, which is bapak saya dulu selalu marah kalau saya main di luar lokasi yang ditentuin. Ke sawah misal, pulang-pulang sapu melayang~

9 tahun, berarti 14 tahun yang lalu kalau dihitung dari sekarang. Selama itu, saya meyakini kalau saya enggak bisa naik sepeda cause it has been a long time i never cycling at all.

Tapi, hari kemarin, iseng saya pinjem sepeda punya adek saya, niatnya karena pengen nyoba hal baru di tahun 2019 ini. Means, lebih banyak belajar dan pengen segala bisa aja. Ternyata, ketika ngayuh kayuhan pertama, kedua, sampe kesekian kalinya saya balance aja enggak jatoh sama sekali. Tercengang dong.. Meski emang enggak selancar yang sepedaan pada umumnya, sering tiba-tiba goyang ketika steering tapi it really shocked me!

"Lha.. itu kakak bisa!!!"
Teriakan adek-adek saya ketika lihat saya bisa ngayuh sepeda dengan jarak kurang lebih 20m tanpa jatoh.

I guess, kadang kita too harshy ya memvonis diri kita enggak bisa tanpa pernah kita coba dulu sebelumnya. Sering gak sih, kita cuma mengamati lalu dengan mudahnya kita nyeletuk "ah, ini pasti saya gak bisa nih, ribet gini.. terlalu gini..." padahal kita belum nyobain dulu.

Kalo saya... sering! 
Sempet waktu dulu masih sekolah, saya dikasih kepercayaan buat nari di acara perpisahan sekolah, secara eksplisit saya nolak lha wong jauh banget dari kepribadian saya kan. Tegas banget saya waktu itu bilang "bu, maaf ya, tapi ini di luar kemampuan saya banget, saya kesehariannya ngulik gitar & keyboard atau basket, tapi disuruh nari lha gimana.. saya gak mau dan gak bakal bisa nari."

But in the fine evening, saya jadi terngiang terus sama permintaan itu dan mikir buat nyoba dulu aja. Saya SMS si ibunya karena zaman itu belom ada yang kenal aplikasi buat chat kan, lol. Saya iyakan. And boom, saya masuk salah satu yang dipuji-puji dong tsay diantara penari lain. Gak masuk akal memang. Tapi begitulah gengs faktanya. 藍

Di tahun ini, saya kayaknya gak bakalan terlalu cepet bilang "enggak bisa" sama apapun, entah yang pernah dicoba tapi gagal atau yang belum pernah saya coba sama sekali.

Seperti kata George Bernard Shaw;
"Progress is impossible without change, and those who cannot change their minds cannot change anything."

Ya kan? 
Sesuatu gak akan pernah berubah tanpa kita memulai perubahan, dan gak akan ada perubahan kalau kita gak ngerubah pikiran kita.

Saya mengubah pikiran "saya udah lama gak naik sepeda dan saya gak bisa naik sepeda." jadi "udah lama nih gak sepedaan, coba dulu aja deh." dan ternyata, sisa-sisa belajar di 14 tahun lalu masih sangat berfungsi, dengan baik pun. Coba kalau saya enggak ngerubah pikiran buat nyoba, sampe kapanpun kayaknya saya akan meyakini kalau saya enggak bisa naik sepeda. Next, sepertinya akan coba belajar renang. Hahaha, ketauan deh segala enggak bisa. Gapapaaaa. :p

3 Comments

  1. Yampun itu lama banget buat saya haha.. beda kalo saya paling hobi sepedaan dari kecil. Teman2 perempuan gak minat sepedaan saya main sendiri sampai Goes jauh ke negeri Jiran alias Ngebolang haha..
    Mbak nya bisa naik motor?
    Berarti kalo jarang naik sepeda bener gak mitos orang yang gak bisa naik sepeda gak bisa naik motor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah hebat sekali, Kak. Boleh dong ajak-ajak kalau melancong, xixi.

      Saya ndak pernah belajar motor jadi gak bisa jawab mitosnya. :D

      Delete
  2. baru aja saya alami minggu lalu, saya hampir aja nyerah belajar bahasa azerbaijan, saya udah bilang dalam hati " saya ga bisa belajar azerbaijan, word ordernya beda jauh sama inglis n indonesia, susah banget" lha wong saya belajar tiap hari, belajar sendiri, internet, udah 3 bulan kok masih belum bisa... saya depresi sendiri ... ternyata saya netapin high indicator untuk diri saya sendiri... bahkan teman azerbaijan yang ngajari saya bilang, bro... aku aja belajar bahasa Inggris setahun, lah kamu baru 3 bulan kok udah depresi, gitu katanya..

    oke dan saya kembali semangat lagi, belajar lagi... pasti bisa... dan jangan cepat bilang ga bisa, kalau kita berencana berhenti di titik A, cobalah berhenti di titik B saja

    ReplyDelete