google-site-verification: google4086a67cad748863.html 4 TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA, SAYA MELANKOLIS - PLEGMATIS. | Nurelice | Parenting Blogger

4 TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA, SAYA MELANKOLIS - PLEGMATIS.


Waktu saya masih duduk di bangku SMP, seorang teman saya mencantumkan "Koleris - Sanguinis" pada bio sosial medianya. Iseng saya tanya apa maksud dari kedua kata itu, besoknya temen saya melemparkan sebuah buku psikologi dengan tema kepribadian di dalamnya. Setelah dites ternyata saya lebih condong ke plegmatis dan melankolis.

Definisi kepribadian dalam psikologi, seperti yang dilansir dari laman wikipedia adalah sebagai suatu organisasi (berbagai aspek psikis dan fisik) yang merupakan suatu struktur dan sekaligus proses. Jadi, kepribadian merupakan sesuatu yang dapat berubah. Secara eksplisit Allport menyebutkan, kepribadian secara teratur tumbuh dan mengalami perubahan.

Psikologi menerangkan bahwa ada 4 macam kepribadian inti dalam diri manusia, diantaranya;

1. Sanguins
Dijuluki populer karena pandai persuasif dan ingin terkenal.

2. Koleris 
Dijuluki kuat karena sering dominan dan kompetitif.

3. Melankolis
Dijuluki sempurna karena perfeksionis dan serba teratur.

4. Plegmatis
Dijuluki peaceful karena kesetiaannya dan menghindari konflik.

Dalam postingan ini, saya cuma pengen bahas tentang plegmatis dan melankolis sesuai dengan kepribadian saya. Karena nyatanya apapun yang ada dalam diri kita masing-masing punya sisi kelebihan dan kekurangan.

KELEBIHAN PLEGMATIS

1. Mudah Bergaul dan Santai

Yep, saya jadi inget waktu zaman sekolah SD kepilih buat lomba story telling Bahasa Inggris antar sekolah. Semua peserta khusus lomba story telling terkumpul di satu ruangan. Enggak ada yang ngobrol sama sekali, entah karena deg-degan atau emang lagi ngapalin teks dalam hati, saya nyoba mencairkan suasana dengan nyeletuk "abi mah pami nervous teh sok mules." sebagian orang tertawa lepas, sebagian lainnya pasang muka B aja dan mungkin sambil mbathin "ni bocah ngapa ya..." •garing gilak•

Dari sana saya pertama banget tau artinya "easy going" karena setelah nyeletuk kayak gitu kita jadi ngobrol banyak buat ngilangin nervous dan ditutup dengan kalimat "ih si neng mani easy going." saya yang gengsi buat nanya apa artinya itu akhirnya nanya juga ke guru les karena mentok disitu. 

But so weird to know that saya justru lebih cerewet sama orang yang gak dikenal atau baru pertama ketemu, ketimbang sama orang yang sering even tiap hari ketemu. Gak tau deh. Makannya kebanyakan orang yang kenal saya ngevonis saya jutek, lol jutek darimanenye saya kan ramah, ndak sombong dan rajin nabung.

2. Tidak Suka Menyinggung Perasaan

It's me the true, saya paling enggak bisa nyindir orang secara langsung yang serius, i mean, yang bukan becanda. Paling gak bisa. Kalau di sosial media mungkin masih bisa lah, tapi kalau secara langsung susah.

Saya kadang kesel juga ke sendiri, sempet ada yang nyindir depan muka banget dan kayaknya konteksnya udah bukan nyindir lagi karena tatapan sama body language-nya mengarah banget ke saya, orang-orang yang lagi disana pun ngerasa kalau itu nyudutin saya, tapi saya diem dong enggak bisa ngebantah even balik nyindir karena justru kesalahan ada sama dia bukan saya, everybody knews that. Tapi ya susah aja gitu, mau saya bener sekalipun lidah kayak suka ketahan kalau mau ngomong seenaknya sama orang. Somebody teach me, peuhlis~

KEKURANGAN PLEGMATIS

1. Lebih Suka Menjadi Penonton Daripada Terlibat

Bener sih, tapi lebih tepatnya ke lebih suka di belakang layar aja, kalau saya. Seringnya, saya lebih prefer jadi otak di balik acara bukan jadi yang melangsungkan acara.

I always trying to change it dengan jadi MC di suatu acara, tapi rasanya enggak puas dengan penampilan sendiri, altho' the audience seems like enjoying my performance tapi kayak berasa bukan saya banget gitu dan berakhir dengan rasa malu sampe sekarang kalau diinget-inget.

2. Menunda-nunda

Orang yang deket banget sama saya pasti tau banget sama sifat saya yang ini, ndak pernah on time dan sering nunda. Zaman sekolah, saya selalu ngerjain PR subuh-subuh atau beberapa menit sebelum pelajaran itu dimulai dan selalu paling terakhir kalau dateng ke acara.

Dulu kayak gak ngerasa kalau ini sebenernya kekurangan yang harus banget diubah, sampe berprinsip "kalau gak telat ya bukan saya", lambat laun kepikiran buat ngubah karena sadar kalau ini udah mendarah daging dan takut makin telat buat ngilanginnya.

KELEBIHAN MELANKOLIS

1. Kalau Sudah Mulai, Dituntaskan

Wohooo, akika binggow~

Apapun yang saya mulai, saya pasti tuntasin. Kayak kalau ngerjain kerjaan rumah, secapek apapun kondisi saya, pantang berhenti sebelum kelar.

2. Perfeksionis

I dont really know ini sebenernya masuk ke kelebihan atau kekurangan karena saya pribadi ngerasa kalau ini positif. Saya enggak bisa liat benda nyerong dikit aja, risih. Enggak bisa liat noda setitik aja di lantai, risih. Endeble-endeble. Saya jadi branggapan kalau itu sebenernya bagus kan, saya jadi lebih tertata dan rapi.

Tapi buat suami saya kayaknya ini jadi boomerang, lol. Dimana dia yang berantakan banget satu atap sama si perfeksionis. Saya yang enggak bisa liat benda nyerong dikit aja dinikahin sama orang yang kalau bawa baju dari lemari ditarik dari yang paling bawah, terus yang atasnya mbleber kemana-mana. Saya jadi ngedumel kan~

3.  Artistik, Musikal & Kreatif

Saya seneng banget seni, apapun. Saya selalu nyoba buat minimal bisa sama apapun yang related sama seni. Hobi gambar, saya ulik dari yang pakai pensil 2B, 4B, 8B sampe ngulik di Adobe Illustrator. Walau tetep cuma sebatas bisa, enggak expert.

Suka sama musik, bapak saya sampe nyediain speaker aktif yang gede-gede, organ dan gitar di kamar saya. Suportif banget emang, walau anaknya sampe sekarang gak jago-jago malah cenderung lupa kunci gitar.

Karena saya tipikal orang yang suka ngulik, orang beranggapan kalau saya kreatif, aamiin-in aja emang, tapi masalahnya adalah bakat. Kata orang Sunda; bakat ku butuh. *krikkrik

Jadi, dulu saya sering bebikinan aka DIY buat dijual. Dari rajutan, dari flanel, dll. Orang-orang secara eksplisit bilang saya kreatif, mereka enggak tau padahal dibalik batu ada udang, dibalik kreatif ada keterdesakan. :(

KEKURANGAN MELANKOLIS

1. Cenderung Melihat Masalah Dari Sisi Negatif

Iya banget.

Saya sering down ketika dapet masalah dan suka terlalu dipikirin. Jarang liat dari sisi positif yang lebih ke hikmah dan pembelajaran.

2. Skeptis Terhadap Pujian

Pernah gak sih ketika dipuji tapi malah nilai modus ke orang? Saya kok sering ya..

Keseringan ketika dipuji saya malah enggak percaya dan cenderung nilai lawan kayak enggak ikhlas sama pujiannya, to put it blunty; kepaksa muji. Sedih banget loh sifat kayak gini nih.. Curigaan terus sama orang.

3. Tukang Kritik Tapi Sensitif Terhadap Kritik

 : "Aku masakin ini nih."
 : "Enak, tapi terlalu manis deh kayaknya."

***

 : "Cobain dong, aku bikin ini loh."
 : "Enak banget tapi berasa kurang moist ya...."
 : "Udah gapapa kalau gak suka simpan aja gak usah dimakan. Itu aku kan baru pertama bikin jadi wajar lah kalo ada kurangnya."
 : "Lho? Bukan gi...."
 : "Udah gapapa taro aja!"

Kepribadian manusia unik ya.. berwarna. Dalam satu raga aja bisa beberapa sifat. Pengen deh rasanya njembrengin semua kelebihan dan kekurangan plegmatis - melankolis yang ada di diri saya tapi sayangnya kemampuan pinggang, pundak dan jari saya terbatas. Wkwkwk

So, what's your personality type?

8 Comments

  1. waahh kita samaaa, plegmatis melankolis... tukang kritik tapi sensitif sama kritikan, makjleb beuutt...

    ReplyDelete
  2. Bagaimana cara mengetes kita tipe yang mana mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak punya kapabilitas untuk jelasin secara spesifik, pak. Tapi kalau saya, cukup dengan baca ciri dari masing-masing tipe. Walau terkadang kita tidak sepenuhnya persis dengan keseluruhan cirinya. 😁🙏

      Delete
  3. kalau saya melankolis, dulu melankolis banget malah, tapi sekarang udah ada dikit plegmatisnya... karena lingkungan kali ya jadi agak berubah...

    tapi tetap melankolis paling dominan, saya sensitif, lebih enak liat sesuatu yang rapi, terjadwal, dan on time...

    saya nuntut diri sendiri juga perfeksionis, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toasss, Kak. Hahaha kita samaan banget!

      Enggak bisa bodo amat sama benda yang nyerong dikit, saya belajar mengabaikan gelas yang enggak pada tempatnya dengan rebahan tapi pikiran selalu keganggu akhirnya bangun lagi buat benerin. Baru deh tenang. Semoga orang-orang di sekitar enggak risih-risih (amat) ya sama sifat kita, lol.

      Delete