google-site-verification: google4086a67cad748863.html Pengalaman Monetize Blog yang Masih Blogspot | Nurelice | Parenting Blogger

Pengalaman Monetize Blog yang Masih Blogspot



Banyak orang bilang bahwa untuk monetizing blog itu sulit dan ribet, jadi setelah memutuskan untuk serius di blog, saya nggak terlalu mikirin perkara itu. Nggak ada iklan yang muncul nggak masalah toh yang menarik orang berkunjung adalah kualitas tulisan, menurut saya saat itu. Tapi, setelah 6 tahun ngeblog dan sering liat 'rumah' blogger senior dipadati iklan, saya jadi tergugah juga untuk monetize blog saya. 

Akhirnya, tahun 2017 saya iseng daftar. Setelah 2 hari, saya diterima dan blog saya sudah bisa menampilkan iklan. Seneeeeng banget waktu itu, karena nggak makan waktu lama dan nggak drama harus daftar ulang karena ditolak. Udah ngebatin aja sebelum daftar, kalau sampe ditolak nggak bakalan daftarin ulang lagi. :D

Kalau buat oranglain ribet selama proses pengajuannya, buat saya justru ribet ketika harus ngotak-ngatik blog-nya agar bisa menampilkan iklan. Saya sampe harus chat temen blogger yang dirasa mumpuni padahal nggak kenal-kenal banget ke orangnya, kalau dipikir-pikir sih malu, tapi buat saat itu kayaknya kebutuhan ngalahin malu, wkwkwk. 

Setelah selesai semua, akhirnya... Blog saya banyak iklannya. Kereeeen! Eits, perjuangan, drama dan keribetan sesungguhnya ternyata baru dimulai...

Adsense nggak segampang yang diliat. Banyak iklan di blog nggak otomatis mengembangbiakan cuan. Kebanyakan blog adsense dengan visitor organik ngeluhnya disini, pendapatan setahun cuma pas buat gentiin kuota. Bahkan mungkin, ada yang sampe bertahun-tahun nggak pernah gajian. Huhuhu

Tadinya, saya mau sekalian share step by step monetize blog tapi kayaknya nanti aja deh, beda postingan, hehe. 

Owya, pengalaman saya monetize blog saat masih blogspot itu... nggak direkomendasikan. Karena ketika kita mau genti ke top level domain kayak .com atau .net jadi kehambat, sayang udah terlanjur adsense. Juga, lebih baik meningkatkan kualitas dan jumlah visitor terlebih dahulu dibanding adsense, karena kalau jumlah visitor perbulan udah bejibun dan stabil akan betbanding lurus sama hasil dari adsense. Karena pengalaman saya, blogger yang sukses itu bukan blogger yang udah TLD apalagi yang udah adsense, tapi blogger yang konsisten ngonten. Mungkin, itulah kenapa saya nggak jadi blogger yang sukses mulu, karena ngontennya seenaknya. :') 

2 Comments

  1. Ngonten seenaknya.
    Aku banget mbak :")
    mbak boleh dong aku tanyain dan aku tungguin postingan gimana biar monetize blog :')

    ReplyDelete
  2. Definisi sukses memang bisa beda-beda ya kak. Saya setuju, tld dan ada iklan di blog tidak menunjukkan kesuksesan seseorang, karena empunya blog juga punya definisi sukses masing-masing yaa hehe

    ReplyDelete