google-site-verification: google4086a67cad748863.html Tips Mengolah Nasi Sisa yang Keras | Nurelice | Parenting Blogger

Tips Mengolah Nasi Sisa yang Keras

 


Sejak dahulu, nasi menjadi makanan pokok orang Indonesia. Namun, seiring berkembangnya teknologi, memasak nasi kini nggak memerlukan effort lebih. Saya ingat sekali, ketika nenek saya masih hidup, beliau nyeletuk ketika menyaksikan saya masak nasi pakai rice cooker, "lho? Enteng betul!"

Padahal, kami sudah punya rice cooker dari orang-orang masih nyebutnya magic jar sampe sekarang berubah jadi magic com, tapi beliau selalu melongo kalau liat kami masukin beras ke dalam 'alat' itu. Eh, bicara soal alat ini, apa cuma saya yang baru tau kalau rice cooker, magic jar & magic com itu 3 alat yang berbeda? Saya ngiranya, magic com itu rice cooker. Tapi, kalau soal fungsi magic jar yang hanya untuk menghangatkan nasi (tidak bisa memasak) udah tau dari duluuu banget sih, waktu awal-awal kemunculannya. Jadi, selama ini saya salah dong nyebut magic com itu rice cooker? Padahal kan keren, orang bilangnya magic com, saya rice cooker. Berasa lulusan luar negeri gitu ngomong enggrez~

Nah, walaupun sekarang memasak nasi nggak se-fyuh dulu, tapi kekurangan alat penanak nasi modern ini bikin jengkel juga lama-lama. Problematika nasi keras padahal baru 2 jam-an mateng bikin pening. Apa karena saya pakainya bukan merk yang terkenal pricey ya? Hahaha.

Karena sering banget ngalamin nasi keras, akhirnya saya jadi agak-agak kreatif buat mengembalikan tekstur nasinya jadi pulen. Gimana aja sih ngolahnya?

    1. Hangatkan di Microwave
Tips pertama tapi paling sering saya lakuin adalah cara ini. Pindahkan nasi sisa -yang keras- ke dalam wadah yang tahan panas (microwave safe), beri sedikit air panas, aduk agar nasi yang keras terkena air. Panaskan di microwave suhu 100°C selama 5 menit. Keluarkan dan aduk, masukan kembali ke dalam microwave selama 5 menit. 

    2. Sangrai 
Pengolahan nasi keras dengan cara ini favorit orang-orang di rumah, kata pak bojo, ngingetin doi sama alm. bapak karena sering masakin nasi sangrai kalau pagi sebelum berangkat sekolah. 

Saya biasa pakai sedikit irisan bawang merah, di tumis biasa sampe harum, lalu masukkan nasi, beri 2-3 sdm air matang untuk 4 porsi nasi (komposisi air disesuaikan dengan banyaknya nasi), aduk terus hingga nasi perlahan berubah tekstur. 

    3. Dikukus 
Tips yang sering dipakai dari zaman dulu adalah dikukus. Cara ini lazim dipakai orang-orang zaman dulu karena teknik menanak nasi mereka memang dikukus setelah mengaron, sebelum akhirnya jadi nasi yang pulen. 

Bahkan, mengukus juga dipakai orang-orang dulu untuk menghangatkan nasi sisa kemarin. Kelebihan cara ini adalah hasil nasi bener-bener pulen, apalagi kalau media pengukusan masih menggunakan aseupan (wadah yang terbuat dari anyaman bambu) & api yang dihasilkan dari kayu bakar, dimakan pake sambel terasi plus ikan asin peda bakar. Ah udah deh udaaah 😂

Kalau cara kalian ngakalin nasi sisa yang udah keras biar gak mubadzir gimana? 

Disclaimer: nasi yang keras bukan nasi yang udah kayak rengginang mentah ya, tapi yang kerasnya masih bisa ancur waktu diremas. Kalau kerasnya udah kayak rengginang mentah mah sumpelin aja ke mulut orang yang demennya playing victim yang bikin kamu ngalamin mental illness. *ceileeeh bahasanya, bisa banget cosplay jadi gen-Z. 

14 Comments

  1. Dengan cara di atas, jadinya gak nyampah ya mbak. Gak nambah foodwaste. Jadi ngurang2in rasa bersalah sama alam. Nice tips

    ReplyDelete
  2. Beberapa bulan terakhir nasi yg agak keras itu saya kukus, lalu saya campur dengan beras jagung yang halus (empog) yang sudah dicampur air panas dan campur pada nasi tadi lalu kukus ulang.

    ReplyDelete
  3. Saya juga sering mengalami hal begini kak. Sayang kalau nasi nggak kemakan. Memang lebih enak kalau nasi lebih pulen.

    ReplyDelete
  4. Kalau aku biasanya cuma digoreng aja sih mbak, pernah baca bisa dijadikan pempek nasi atau cireng gitu tapi aku belum pernah coba sih hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah sisa nasi kering di goreng buat cemilan enak juga tambahin penyedap sedikit dari pada mubadzir

    ReplyDelete
  6. Kalau aku biasanya jarang sampai punya nasi kering dan sisa gitu, kalaupun udah terakhir biasanya kubuat nasi goreng aja 😅, tapi emang bahan masakan apapun sebisa mungkin jangan sampai terbuang, harus diolah dengan sebaik sesuai takaran porsi yang kita makan

    ReplyDelete
  7. Kalau orang jaman dulu tuh telaten banget buat handle sisa nasi ya mba. Kalau orang jaman sekarang kemungkinan yang peduli tuh pegiat zero waste. Kalau alu pun biasanya nasi sisa/kering aku kasih ke ayam atau lele.

    ReplyDelete
  8. Banyak cara untuk mengatasi nasi sisa yang keras ya mbk, kalau aku kadang aku bikin cireng nasi

    ReplyDelete
  9. Baru tahu ada cara dinsangrai ini. Biasanya kalau nasi sisa yang dikukus lagi, dijemur biar jadi gogik atau dikasih untuk pakan ayam

    ReplyDelete
  10. Kalau saya, nasi yang udah mulai kering, saya jadikan nasi goreng. Pakai bumbu nasi goreng, telur, suwiran ayam atau potongan bakso, sama sawi sedikit. Tadaaaa....

    Bisa juga dijadikan kerupuk nasi. Lumayan buat camilan.

    ReplyDelete
  11. aku nasi keras kucampur lagi mbak ke nasi yang dimasak baru biar nggak mubazir. hehe. aku dulu pernah beli magic com yang agak pricey eh nggak sampai setahun nasinya cepat bau akhirnya aku ganti pakai merk sejuta umat deh. heu

    ReplyDelete
  12. Kalau aku dikukus lagi sih biasanya nasi yang sudah kering atau kalau nggak gitu dibiarkan jadi karak, lalu dijual ke orang yang butuh untuk pakan hewan

    ReplyDelete
  13. Saya juga sudah tahu kalau magic jar itu fungsinya hanya menghangatkan. Teringat jelas di ingatan dulu menanak nasi masih secara tradisional, lalu setelah matang dimasukkan ke magic jar. Jadi, kalau bedanya magic com sama rice cooker apa, Teh?

    ReplyDelete
  14. Nasi yang keras, terkadang aku sebagai bapak ngalahi, aku makan saja sebelum kerasnya menjadi-jadi, tapi kalau sudah tidak tertolong lagi ya... Rejekinya ayam

    ReplyDelete