google-site-verification: google4086a67cad748863.html KETIKA PROSES LAHIRAN BERHENTI DI PEMBUKAAN TUJUH | Nurelice | Parenting Blogger

KETIKA PROSES LAHIRAN BERHENTI DI PEMBUKAAN TUJUH

"Pembukaan", tema 1m1c pekan ini. Walaupun saya nggak ikut vote karena telat buka grup, tapi nggak mau ketinggalan buat ikut meramaikan, heheh. 

"Sebentar, ini tuh tema tulisan?" pertanyaan seseorang ketika saya manjat chats yang ketinggalan. 
Jujur, awalnya saya pun nggak mudeng karena semua temanya berawalan pe- dan berakhiran -an, untungnya yang terpilih jadi tema itu pembukaan. Memori saya langsung tertuju pada titik yang bikin nangis bombay karena takut kalau-kalau harus operasi caesar. Nggak nggak, ketakutan saya sama caesar bukan karena stigma masyarakat tentang melahirkan harus normal, bukan! Tapi ngebayangin ketika di ruang operasi harus sendirian (nggak ditemenin suami/keluarga) dan sederet alat operasi yang baru dilirik bentar aja udah bikin mules-mules tegang.

Okey,
Oktober 2016 lalu, pertama kalinya saya berjuang mengantarkan seorang bayi ke dunia. Rabu pagi, saya melakukan rutinitas seperti hari-hari sebelumnya; streching, berharap proses lahiran lancar tanpa ada sakit pinggang atau nyeri lutut. Menjelang siang, saya mengajak suami makan bakso favorit saya sewaktu masih duduk di bangku SMP. Tentu saja, baksonya super pedes. Meskipun hampir semua orang mewanti-wanti untuk nggak makan pedes ketika kehamilan sudah memasuki bulan ke-8, tapi saya nggak pernah denger. Ya abis gimana, bawaannya pengen yang pedes terus, kalau gak diturutin nanti bayinya ngiler. #klasik

Terus, saya jadi keingetan, apa jangan-jangan anak pertama saya keras kepalanya nurun dari saya ya... karena pas hamil, saya bengal banget nggak pernah denger omongan orang. Huhuhu

Proses Pembukaan yang Minim Kontraksi

Jadi, selepas saya makan bakso, saya liat flek berwarna merah muda di underwear ketika saya BAK. Dengan raut wajah panik, mama saya langsung telpon bidan pilihan saya. Seorang ibu memang selalu membuat anaknya haru, ia tau bagaimana proses persalinan yang bahkan sudah 3 kali ia lewati, ia selalu bilang bahwa proses persalinan itu sepenuhnya melibatkan alam, tidak perlu takut saat menghadapinya, tapi ia sendiri yang menangis saat anak pertamanya mendekati titik penjemputan cucu pertamanya. 

Saat itu juga, bu bidan menyuruh saya datang ke klinik. Ketika diperiksa melalui vaginal touching, ternyata baru pembukaan ke-1, yang artinya saya boleh pulang dulu dan disarankan untuk kembali ke klinik besok pagi karena saat itu sore hari. 

Sejak sore hingga malam hari, saya nggak ngerasain apapun, bahkan masih bisa main criss-cross di hape sambil dengerin lagu. Tapi, begitu memasuki dini hari... wow! Kontraksi mulai menyerang. Meski jaraknya belum intens tapi cukup bikin saya susah tidur. 

Karena nggak sabar buat cek VT (vaginal touching) lagi, saya datang ke klinik pagi-pagi banget. Tapi ternyata baru pembukaan ke-2, padahal sebelumnya saya pikir udah bukaan 6 gitu, minimal 4 lah... eh, taunya. Tapi, hari itu saya disarankan untuk stay di klinik supaya nggak perlu bolak-balik lagi. Berhubung bu bidan harus dinas di Puskesmas, dari jam 10 sampe jam 4 sore klinik kosong, nggak ada siapa-siapa selain keluarga saya dan ART bu bidan. 

Selama 7 jam itu, saya nggak ngerasain apapun selain nggak nyaman ketika berjalan, kayak ada ngganjel gitulho di vagina. "Ni pasti udah mau ke luar kepalanya, pasti udah pembukaan lengkap ni." bathin saya. Akhirnya saya mengurangi aktivitas jalan dan lebih sering berbaring miring ke arah kiri sesuai anjuran bu bidan. Tapi, lagi lagi, ketika kembali cek VT petang hari sekitar jam 6, pembukaannya baru di angka 4. Rabu siang flek, kamis petang baru pembukaan 4, menurut pengalaman orang-orang yang sering saya baca, proses saya terbilang sangat lamban, tapi saya coba ngobrol dan elus-elusin dede bayi supaya bantu prosesnya dan cepet-cepet ke luar karena kami semua udah nggak sabar buat ketemu. 

Cek VT secara berkala dari jam 12 sampai jam 10 Jumat pagi, bukaan masih mentok di angka 7 dibarengi dengan nggak ada mules yang kuat dan intens bikin bu bidan bilang "bu, saya mau bicara sebentar." ke ibu saya. Beberapa menit berlalu, ibu saya kembali dengan mata basah dan pandangan nanar menatap ke arah saya. 

"Pasti caesar nih, udah." ucap saya dalam hati. Rasanya pengen bilang, "bu bidan, coba dong sehari lagi aja tungguin saya ngerasain mules." tapi bu bidan tetap dengan ketaatannya pada peraturan bahwa nggak boleh ngebiarin si ibu lebih dari 2x24 di kliniknya, lebih dari itu, wajib dirujuk ke Puskesmas. 

Akhirnya, sembari nangis sesenggukan karena nggak mau dilempar ke Puskesmas saya manut aja walau rasanya udah gak kuat jalan beberapa langkah ke luar klinik menuju mobil. Ndidilalah, setelah perjalanan menuju Puskesmas yang nggak sampe 5 menit dilalui dengan penuh drama, baru aja naik ke bed partus dan baru aja disuruh ngangkang buat cek bukaan, si kepala bayi udah nongol aja kata bidan yang saat itu jadwal piket di Puskesmas-nya. Nggak lama, tetiba ngeden sendiri padahal nggak dingedenin, hahaha. 

Sekitar jam 11, anak pertama saya lahir. Yang usianya... sekarang udah masuk kid, bukan toddler lagi. :') 

Uniknya Lahiran No-ngeden

Lahir dengan cara batuk-batuk karena saya udah kehabisan napas juga energi. Karena energi saya habis ngerasain mules-mules selama lebih dari 2x24 jam, yang dibilang kenceng nggak, dibilang mules biasa juga nggak karena mulesnya lebih dari mules panas dalam. Akhirnya bu bidan nyaranin buat batuk-batuk aja dan untungnya si bayik kooperatif, dia mau ke luar cuma 4 kali batuk. 

Begitu lahir, rasanya mo meninggoi. Ya Allah beneran, sangking lemesnya karena mau 3 hari nahan mules walaupun nggak intens, tapi mules mana coba yang bikin nyaman? Badan berasa melayang, mata sepet banget pengen langsung tidur tapi ketika bu bidan bilang "wah ini sih kayaknya bakal banyak jahitan, banyak yang robek." seketika mata melotot kembali, hahaha. Dan bener aja dong, sejam mak proses jahitnya, sampe dibius 2 ampul. 

Hence, ketika orang-orang bilang "mules banget ya sampe nggak tahan, apalagi pas dijahit, hiiih." saya cuma bisa melongo karena mules yang saya rasain nggak kuat dan terbilang masih bisa ditahan banget, ya di atas panas dalam emang, tapi nggak yang sakit gimana, cuma bikin nggak nyaman aja. 

Apalagi proses jahitnya, seriusan selama sejam dijahit saya nggak ngerasain apa-apa selain pegel kaki karena harus ngangkang terus. 

Wajib Bergerak Aktif Saat Proses Pembukaan/Kontraksi Berlangsung


Proses lahiran yang pertama itu, sedikit-banyak menuntut saya untuk berbagi pengalaman pada sebanyak-banyaknya orang. Bahwa, ketika kamu udah keluar flek, bergerak aktif lah bu, jangan kayak saya yang hanya manut disuruh baring miring kiri dan nggak ngelakuin apa-apa. Miring kiri memang dipercaya meningkatkan sirkulasi agar nutrisi untuk janin lancar, tapi sepengalaman saya, nihil manfaat ketika kontraksi berlangsung. 

Pengalaman adalah guru terbaik ya memang. Di persalinan berikutnya, saya nggak ngerasain kesulitan apapun, lancar dan cepet banget karena saya lebih banyak baca dan lebih aktif selama kehamilan dan melahirkan, pun tanpa jahitan sama sekali di persalinan ke-2 ini. Bahkan, ketika kontraksi lagi kuat-kuatnya saya nggak rebahan miring kiri, saya genjot di gym ball, jalan-jalan dalem rumah, banyak minum, kompres air hangat di sekitar miss V, endebra endebra. Mungkin, di postingan selanjutnya saya beberin kali ya pengalaman persalinan ke-2 yang super duper gampil dan minim trauma ini. 

Owya, mamak, gimana nih cerita lahiran pertamanya? 🤗

21 Comments

  1. Thanks for sharing mba. Pasti jadi pengalaman yang tidak terlupakan banget ya ini. Aku selalu merinding kalau baca cerita2 tentang proses lahiran. Luar biasa sekali pengorbanan seorang Ibu ya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangettt Kak, traumanya itu yang nggak gampang ilang pasca lahiran anak pertama.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Masya Allah, Pengalaman yang menegangkan namun luar biasa. Alhamdulillah bisa melahirkan normal ya Mbak. Hebat!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. tapi, lahiran normal maupun SC, setiap ibu hebat Kak sudah berjuang susah payah mengantarkan anaknya melihat dunia. Hihi

      Delete
  4. Hebat mba perjuangannya 👍 saya lahiran SC karena pecah ketuban tanpa ada pembukaan. Bener² gak ngalamin mules dsb. Pengalaman deg-deg buat banget saat itu. Alhamdulillah semua sehat selamat ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. SC maupun normal sama aja Mbak, justru SC perjuangannya... beugh. Aku nggak sanggup kalo harus suntik yang di punggung itu huhu. Mbak hebattt!

      Delete
  5. Alhamdulillah persalinannya lancar banget mba..
    Saya lahiran kedua lancar, tapi tetap traumanya sampe sekarang.. 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 anak cukup ya mbak hahaha akupun meski lahiran ke dua lancar banget tapi tetep pengen bilang "udalah, ini yang terakhir." :D

      Delete
  6. Aku malah kelahiran kedua yang lebih susah mbak, karena sampe 3 hari nggak ada kemajuan dari acara mules kontraksinya, akhirnya saat deadline dokter ngasi induksi. Dan diinduksi tu rasanyaaaa… bikin aku bilang “dua anak cukup” wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku anak pertama hampir mau diinduksi juga Mbak tapi mengingat testimoni orang-orang tentang induksi bikin migraine, akhirnya nolak mentah-mentah buat induksi wkwk

      Delete
  7. seneng banget ada sharing beginian dan pasti sangat bermanfaat buat calon ibu buat referensi biar makin lancar, terimakasih atas sharing nya mba, sehat selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin YRA, terima kasih mbak, seneng banget kalo baca komen positif begini, bikin semangat buat nulis haha. Do'a baik juga buat mbaknya ya *peluk online*

      Delete
  8. ditunggu mba, kisah lahirannya yang kedua... hehehehe.... aku sendiri pas lahiran pertama jadinya operasi sc karena si bayik sungsang dan terbelit tali pusat dua lilitan di leher. kata dokternya sih kalau sungsang aja atau terbelit aja bisa diusahakan untuk tetap lahiran normal. Tapi karena posisi sungsang ini kaki di bawah dan ada belitan dua kali di leher maka kalau dipaksakan normal saat kaki ditarik keluar maka lehernya akan tercekik... yaudah lah nurut aja sama dokternya. ketahuan sungsangnya dari usia 8 bulan dan ampe mau lahir ngga bisa muter ke bawah palanya tuh dia karena kebelit sama tali pusat. alhamdulillah anaknya skr udah usia 13 tahun sehat walafiat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebattt mbak perjuangannya demi buah hati bikin terharu huhuhu. Jadi inget waktu kehamilan pertama, pas USG usia kandungan 8 bulan dokternya nakut-nakutin bakalan SC karena posisi janin masih sungsang.

      Delete
  9. Meskipun pembukaannya lama, tapi proses lahirnya termasuk cepat ya mba, kepala si bayi udah nongol duluan, kalo saya akhirnya sc juga, karena kepala bayi gabisa lewatin panggul. Seru sih ya lahiran selalu punya cerita menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, prosesnya aja yang lama banget tapi brojolnya cepet. Kayaknya si baby main bola dulu dalem perut wkwk

      Delete
  10. Wah, beda bidan beda saran ya mba.

    Saya selalu berusaha mencarinbidan gentlebirth untuk lahiran.

    Tapi tetap yang paling nyaman unassisted childbirth.masyaallah indahnya.

    Selamat ya mba..seru sekali cerita lahirannya, Alhamdulillah yang oertama ga jad sesar ya (elsamur.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak makannya ya kita harus jeli pilih provider, salah salah bisa kayak saya pembukaan mentok di 7 haha meski bukan pure salah provider juga sih, karena sayanya juga minim ilmu.

      Delete
  11. Terima kasih sharingnya
    Ditunggu kisah selanjutnya ya kakak

    ReplyDelete