google-site-verification: google4086a67cad748863.html TANTANGAN SEORANG IBU ADALAH MELANJUTKAN MIMPI | Nurelice | Parenting Blogger

TANTANGAN SEORANG IBU ADALAH MELANJUTKAN MIMPI



Malam kemarin, saya nyolong waktu buat nonton film di sela anak tidur. Seperti biasa, filmnya udah didownloadin suami, no clue banget nontonnya jadi asal pilih aja tanpa tau tu film ceritanya tentang apa apalagi ratingnya berapa. I choose Panga, Bollywood.

Film Panga mengisahkan tentang seorang Ibu Rumah Tangga mantan atlet cabor Kabaddi yang terpaksa meninggalkan kariernya demi anak dan suaminya, padahal saat itu karirnya lagi ada di puncak. Bahkan, digadang-gadang bahwa ia adalah ratunya Kabaddi di India. Tapi di tengah perjalanan rumah tangganya, hatinya goyah lantaran.... bocorin gak yaaa? Wkwkwk

Ada banyak quotes yang saya suka dan ngena di film ini, kayak... Ih gue banget tauk ceritanya! Tapi satu yang paling terngiang di kepala ketika Jaya (si IRT dalam cerita) bilang;

"Ketika aku liat kamu, aku bahagia. Ketika liat Adi (anaknya), aku juga bahagia. Tapi, ketika aku melihat diriku sendiri, aku sedih." 

Mak-emak, coba deh.. relate banget kan sama perasaan itu yang kadang-kadang muncul gitu aja? Atau malah, kalian sama sekali gak pernah ngerasain? Kalo nggak, selamat, berarti kalian bener-bener udah ada di fase jalanin rumah tangga sekaligus jalanin mimpi kalian. 

Di film itu juga, si suami sempet bilang ke anaknya;

"Kamu baru kenal Ibu selama 7 tahun, tapi Ayah sudah kenal Ibu kamu 10 tahun. Banyak yang Ibu korbanin termasuk mimpi-mimpinya demi untuk 2 orang; aku dan kamu." 

Lalu, perlahan pikiran saya berjalan mundur. Dulu, ketika saya remaja, mimpi saya banyak, saya pengen jadi supermodel yang juga nyambi di prodi psikologi, saya pengen punya cafe kecil yang dibangun dari salary saya jadi model, tinggal di apartment kecil dengan ruangan yang nyaris tanpa sekat antara ruang tidur dan dapur, lalu... menikah di usia 30-an. 

Tapi, mimpi nggak selalu didekap kenyataan. 5 tahun lalu, saya menikah di usia yang belum genap 20 tahun, tinggal di kota kecil yang -jangankan apartment- mekdi pun nggak ada, 3 bulan kemudian di karuniai anak and being a full time mum til' now. Jauh sekali ya dari mimpi-mimpi saya? 

Am i regret? Of course no. Gimana bisa saya menyesali kehadiran mereka yang selalu kasih kebahagiaan yang belum pernah saya dapetin sebelumnya. Tuhan menjauhkan saya dari dunia model, tapi Tuhan dekatkan saya dengan mereka yang menjadikan saya role model. 

Meskipun kadang, ketika liat perempuan-perempuan di luar sana yang keliatan waw dengan seragam kerja ataupun profesinya suka ada envy, but once again bukan berarti menyesal sama keputusan yang udah dipilih beberapa tahun lalu. 

Banyak jalan menuju roma, asal kenal aja sama ridho. *krikkk.
Gak deng, beneran, banyak jalan menuju roma, nggak bisa jadi model tapi seenggaknya bisa jadi Blogger (re; bloblogeran). I mean, ketika impian yang lain sulit buat kita wujudin, diri kita pasti masih punya bakat lain buat dikembangin. 

Meskipun menjadi Ibu bukan jadi alasan apalagi halangan buat kita raih mimpi, tapi untuk beberapa Ibu (including me) leaving my childs and hubby to reach my dreams is willy-nilly eventho' leave 'em just for a while, beraaaat! Takutnya jauhan sama mereka tapi nggak fokus ngejar mimpi karena pikiran ada di rumah terus. Beruntuuung banget ketika saya milih jalan saya buat nuangin orat-oret saya di Blog, suami dukung banget sampe niat mau lengkapin gear buat nulis. :') 

Seorang Ibu, tantangan terbesarnya adalah melanjutkan mimpi. Jangankan mengambil langkah jauh untuk melanjutkan mimpi cita-cita, melanjutkan mimpi ketika anak ganggu pas kita ngorok aja... susah! 


15 Comments

  1. Jadi ibu emang berat banget. Mereka rela meninggalkan mimpi dan pekerjaan mereka demi kebahagiaan anak dan suami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Tapi sebanding sama kebahagiaan yang didapat. 😀

      Delete
  2. Bener pake banget nih mba. Menjadi ibu bukan berarti tidak bisa berkarya dari rumah dong ya.

    ReplyDelete
  3. Iya betul, Kak. Zaman sekarang banyak cara untuk memberdayakan hobi walau dari rumah :D

    ReplyDelete
  4. Suka banget, mba, jd ibu emang kagak mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak.. iya banget, heavy tapi sekaligus bikin happy ya? 😀

      Delete
  5. Suka banget! Bacanya sambil ngahulengg ngararasakeun kehidupann yg sedang di jalani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Kak.. Ahah, jangan tarik teuing ngahulengnya bisi........ 😂

      Delete
  6. Keren...keren tulisannya....walau emak2rempong dirumah terus bukan berarti kita berhenti meningkatkan kualitas diri kita krn kita jd role model buat anak2 kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah hihi makasih banyak Kak.. yash betul, meskipun kita full time di rumah nggak boleh bikin kita jadi tumpul ya? Harus tetep berkarya, semangkA!

      Delete
  7. Ngena banget mba tulisannya, memang kadang nggak mudah jadi seorang ibu. Semangat ya mba, masih bisa kok meraih mimpi-mimpinya walaupun tak bisa berlari secepat yang lain!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. kata suamiku gapapa oranglain lari duluan asal finishnya tetep barengan 😂

      Delete
  8. relate banget emang ini ke ibu2 rumah tangga ya, haha.

    Mimpi bisa dibentuk ulang, rencana juga bisa disusun ulang, tapi kebahagiaan yang didapet sampai saat ini gak bisa kita sia-siakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waini, Mbak.. kasarnya, mau kuliah lagi usia segimanapun masih bisa tapi menyaksikan tumbang anak gabisa 2x 😀

      Delete
  9. Ihhh ngena banget mbk. Aku bnget ini. jadi ibu memang tidak mudah. Banyak tantangannya yg kadang bikin hati goyab

    ReplyDelete