google-site-verification: google4086a67cad748863.html DECLUTTERING, TIPS SUPAYA MAKIN BETAH #DIRUMAHAJA | Nurelice | Parenting Blogger

DECLUTTERING, TIPS SUPAYA MAKIN BETAH #DIRUMAHAJA


Decluttering ramai dibicarakan dan diminati banyak orang beberapa tahun lalu, bahkan sempat divonis sebagai trend bebersih rumah pada saat itu.

Decluttering sendiri merupakan istilah yang diambil dari kata clutter, artinya kumpulan barang-barang yang masih disimpan di dalam lemari atau rumah yang sebetulnya mungkin udah nggak bernilai lagi buat ditumpuk. Singkatnya, decluttering itu membersihkan barang-barang yang kurang perlu itu tadi. 

Isolasi mandiri atau self quarantine ini menurut saya jadi momen yang pas buat kita ngelakuin decluttering. Karena pada hari-hari biasa, nggak semua orang bisa melakukannya. Ntah karena keterbatasan waktu atau emang karena termasuk tipikal kaum rebahan, lol. 

Mungkin, buat beberapa orang akan bingung buat mulai bebenah dari mana, apalagi kalau di setiap sudut rumah banyak tumpukan barang. Saya mau share beberapa tips nih dari pengalaman yang udah saya coba.

Hal pertama yang harus dilakuin supaya nggak bingung itu membuat kategori barang 👇



1. Put Away : kategori untuk barang yang akan disimpan di tempat semula.

2. Recycle : kategori untuk barang yang sebenernya udah gak digunain lagi tapi masih bisa kita jadiin bahan buat DIY, kayak botol-botol bekas kosmetik.

3. Fix/Mend : kategori untuk barang yang masih layak pakai tapi perlu diperbaiki. Contohnya baju yang robek, etc.

4. Donate : kategori untuk barang masih layak pakai ataupun baru tapi udah nggak dipake lagi, contohnya skincare, baju yang udah kekecilan, etc. Bisa kita kasihin ke oranglain. 

5. Trash : kategori untuk barang yang udah gak bisa dipertahanin lagi a.k.a perlu di lembiru, wkwkwk.


Setelah nyiapin storage buat kategori barang-barangnya, baru deh mulai bebersih ruangan. Saya urutkan ruangan mana yang pertama kali saya garap lalu langsung mengelompokan barang yang diberesin ke kategorinya masing-masing👇

1. MULAI DARI KAMAR TIDUR

Ntah ini sebenernya sotoy apa nggak, tapi setiap kali beberes saya selalu ngeduluin kamar, khususnya closet atau lemari pakaian. 

Alasannya simple sih; karena kamar tempat kita melepas lelah jadi bener-bener bikin kita nyaman banget. Nggak berdebu, nggak berantakan, semua sudut tertata rapi. 

Dengan begitu kan istirahat kita jadi nyaman, tidur pun akan deep sleep apalagi kalau kamarnya wangi, dipakein pengharum ruangan ataupun essential oils supaya lebih relax dan deep. 

2. RUANG KELUARGA

Kenapa saya lanjutnya ke ruang keluarga bukan ruang tamu dulu? Karena ruang tamu biasanya udah rapi dan minim barang, sih. Menurut saya akan sangat langka orang yang naruh barang-barang priceless di ruang tamu, kan kan kan? Hehe

Berbeda sama ruang keluarga yang notabene-nya tempat lalu lalang dan berkumpulnya anggota keluarga, pasti banyak banget barang, case di rumah saya bukan hanya barang yang udah gak dipake aja yang ada di ruangan ini tapi kadang sampah plastik bekas snack nyelip di sudut ruangan, flashdisk kadang di bawah karpet. Akhirnya mager gak mager, ruangan ini sering banget saya tata dan bersihin, even twice a day. Seriously.

3. DAPUR

Disini menurut saya paling cape, karena secara gak sadar sering numpuk botol bekas bumbu yang udah lama habis. Kulkas juga, meski sering dibersihin at least 2 minggu sekali atau tiap habis dari pasar tapi tetep suka ada nyelip sesuatu di compartment pintunya

Belum lagi barang-barang di rak piring dan kolong kompor. Bikin tarik nafas emang tapi begitu semuanya udah rapi dan cling bikin puwas, hehe. 

4. KAMAR MANDI

Bagian paling cepet buat decluttering sepengalaman saya adalah WC, cuma nyortir toiletries yang udah habis atau gak kepake aja sih soalnya. Tinggal mau dipilah ke kategori mana aja ntarnya, karena kadang ada skincare yang cuma mejeng aja di rak tanpa pernah dipake lagi dan expirednya masih bertahun-tahun lagi, bisa kita donate ke sodara. 

2 Comments