google-site-verification: google4086a67cad748863.html KETERAMPILAN BEBERES TERASAH KETIKA #DIRUMAHAJA | Nurelice | Parenting Blogger

KETERAMPILAN BEBERES TERASAH KETIKA #DIRUMAHAJA


Makin lama diem di rumah aja, saya makin sadar sama yang namanya kebersihan. Wapaupun saya emang tipe perfectionist sih, tapi dengan di rumah terus 24 jam makin sadar sama kebersihan yang mungkin sebelumnya terabaikan.

Bersihin gagang pintu, misalnya.
Siapa coba yang telaten tiap hari atau seenggaknya seminggu sekali bersihin gagang pintu? Eh, ada ya? 😛

Semenjak physical distancing ini saya jadi punya banyak waktu beberes rumah, nggak keganggu sama jalan-jalan lah, beli keperluan sehari-hari lah, karena yang boleh ke luar cuma suami aja. Segala sudut saya bersihin tanpa kecuali dan tentunya tanpa rasa males. Karena mau males-malesan pun males tiap hari males-malesan di rumah, pusing ya? Samaaa..

Seminggu yang lalu saya beresin mainan krucil, dulu rasanya udah jadi manusia paling bersih, mainan yang washable selalu nyenpetin saya cuci at least sebulan dua kali. Nyatanya, waktu kemarin cek, banyak mainan unwashed yang kotornya minta ampun, ndilalah satu persatu harus dilap selama dan sebersih mungkin pakai tissue basah. 

Tapi, mainan sebegitu numpuk dilap satu persatu karena banyak yang nggak bisa dicuci atau rendem pakai air sabun kayak mainan yang pakai baterei gitu-gitu nggak bikin cape, seriously. Malah cenderung mau bilang "lha, kok udah beres aja? Perasaan mainan krucil banyak banget." 

Mungkin ya itu kali ya, sebetulnya kita bukan nggak punya waktu buat ngelakuin sesuatu. Di luar masalah prioritas, kita pasti punya atau bisa kok nyempetin ngelakuin sesuatu ntah dengan cara dilakukan secara berskala ataupun langsung semua blas. Cuma mungkin keterampilan dan keikhlasan kitanya yang belum terasah. Pantes banyak denger statement "ikhlas itu kunci keringanan." 

And, I couldnt more agree.. 
Ikhlas perlu keterampilan, dan keterampilan perlu diasah. Rasanya, semakin terampil beberes rumah, semakin nggak begitu kerasa capenya. Karena ikhlas perlu keterampilan, lalu keterampilan melahirkan ikhlas. 

0 Comments