google-site-verification: google4086a67cad748863.html UPAYA PREVENTIF MEMUTUS PENYEBARAN COVID-19 | Nurelice | Parenting Blogger

UPAYA PREVENTIF MEMUTUS PENYEBARAN COVID-19


"Garda terdepan sebetulnya diri Anda sendiri, bukan kami." 

Setelah wabah covid-19 ini kian meluas, kita mungkin sering atau pernah denger anekdot di atas yang ditulis para tenaga kesehatan di masing-masing sosial medianya, ya? Yash, sejatinya garda terdepan itu diri kita masing-masing. Diri kita sendirilah yang mampu mengurangi peluasan wabah ini kalau patuh pada aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Sebagai garda terdepan dalam upaya memutus atau mencegah penyebaran covid-19, tentunya saya mesti tau apa aja tindakan bijak yang perlu saya lakuin supaya bisa memberikan kontribusi. Di tulisan kali ini, saya mau share yang biasa keluarga saya lakuin. 👇

CUCI TANGAN SESERING MUNGKIN

Meskipun #DiRumahAja tapi kita nggak tau habis nyentuh barang apa aja, apalagi kalau hari itu ada kurir dateng lah, beli sayur di mamang keliling lah, pegang pintu pagar yang mungkin kita nggak tau ada yang nyentuh apa nggak lah. Alhasil, kita jadi jauh lebih sering cuci tangan pakai sabun dibanding sebelum adanya wabah ini.

Pun anak saya, nggak bisa habis pegang apapun langsung inisiatif sendiri buat cuci tangan walau benda atau permukaan yang disentuh nggak pernah disentuh oranglain selain orang rumah. 

TIDAK BERKERUMUN DAN JAGA JARAK

Nggak ada wabah ini pun, rasanya kami nggak pernah berkerumun. We aren't anti-social type sih tapi ya nggak yang tiap hari sering ngumpul ngobrol ngalor ngidul gitu sama tetangga. Kami cukup saling sapa ketika ketemu, becanda dan ngobrol seperlunya i mean nggak ngobrol yang gak gitu perlu buat diobrolin. Jadi, waktu pemerintah menerapkan social distancing bahkan physical distancing kami nggak begitu kaget buat jalaninnya. Ya berasa kayak gak ada ketetapan apa-apa aja sih. 

USAHAKAN OLAHRAGA DAN MAKAN SEHAT

Di awal mula kemunculannya, virus ini dikabarkan nggak akan tahan atau dampak yang ditimbulkan nggak parah untuk orang-orang yang punya imunitas tubuh baik. Dan salah satu cara yang diyakini kebanyakan orang untuk meningkatkan imun tubuh itu dengan olahraga dan makan makanan sehat. Tapi harus inget, makan sehatnya teratur ya gengs, bukan sesekali aja, kekeke~ 

BERSIHKAN DIRI SEHABIS DARI LUAR

Penting banget! 
Ketika kita terpaksa harus ke luar rumah, kita nggak tau di luar sana ketemu siapa aja, sehat apa nggak. Meski kita ngerasa bersih karena pakai masker dan sering oles sanitizer tapi mata kita punya batasan buat liat apa aja yang dibawa angin dan kemungkinan nempel di jaket atau tas kita. 

Hence, ketika suami pulang dari luar langsung masuk kamar mandi dan bebersih. Jaket dan tas kita taruh di luar, di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Bajunya langsung masuk mesin cuci, barang bawaannya pun selalu dibersihin satu persatu pakai tissue basah. Ribet yakkk, tapi lebih baik menjaga dari pada mengobati. 

DIAM #DIRUMAHAJA

Terakhir tapi paling penting, sebisa mungkin kalau nggak ada perlu apa-apa lebih baik #DiRumahAja dan kalau harus pergi keluarpun usahakan cuma satu dari jumlah orang rumah yang pergi. Karena #DiRumahAja adalah cara paling efektif untuk mencegah virus ini meluas. 

0 Comments