google-site-verification: google4086a67cad748863.html LEGITNYA PUASA TANPA BUKBER | Nurelice | Parenting Blogger

LEGITNYA PUASA TANPA BUKBER

liputan6.com

As we know, Covid-19 ini menyebar di Indonesia sebelum Ramadhan tiba. Awalnya, saya kira puasa kali ini bakal beda dalam konteks yang buruk-buruknya, alih-alih melirik hikmah yang nanti dirasa, malahan mengutuk supaya wabah ini cepat pergi.

"Gimana lah ini adik-adik gak bisa puasa di sini lagi."

"Gimana lah puasa ntar gak bisa makan-makan enak lagi pas bukber di luar lagi." 

"Gimana lah rasanya Ramadhan tanpa ngabuburit ke luar pas sore."

"Lah, gak bisa lagi nunggu mamang keliling pas malem-malem." 

And such...

Saya yang gak pernah sekalipun Ramadhan tanpa keluarga yang berkunjung jelas merasa situasi ini annoying, boring, etc. Pikir saya bakal kesepian dan repot karena gak ada yang bantu buat sekedar nyapu teras atau bersihin rumput pekarangan. 

Nyatanya, memasuki hari ke 13 Ramadhan dan semuanya berjalan baik-baik aja bahkan smooth untuk yang langganan anxiety sekaligus gampang cranky. Saya gak ngerasa cape yang gimana meski kondisi hamil besar harus bangun sekitar jam 3 buat nyiapin makan sahur suami. Gak pula ngerasa kesepian kayak yang dibayangin, karena meski nggak dikunjungi adik dan keluarga, tho suami nggak ada kegiatan apapun yang sampe ninggalin saya berjam-jam atau bahkan nginep kayak Ramadhan sebelum-sebelumnya karena pandemi ini. 

Talking about bukber dan ngabuburit, ternyata nggak selamanya puasa tanpa bukber dan ngabuburit itu ngebetein. Salah satu yang bikin mata seger dalam arti sesungguhnya adalah nggak banyak kendaraan lalu lalang yang asepnya bikin sesek atau bau ke jemuran. 

Beberapa waktu lalu tersebar foto perbedaan Jakarta sebelum dan sesudah adanya Covid-19. Keliatan jelas di foto itu mana yang bikin mata perih liatnya dan mana yang nggak. Pohon-pohon di jalanan dan langit biru bisa dilihat jelas karena kurangnya asap kendaraan, which is ini dampak positif dari munculnya si Covid-19 yang banyak 'dikutuk' banyak orang, including me. :') 

Tanpa mengurangi rasa hormat sama pelaku usaha di bidang pangan, puasa tanpa bukber-bukber ria ini jadi suatu kelezatan tersendiri. Orang-orang jadi lebih banyak quality time sama masing-masing keluarganya, beberapa mungkin baru kali ini ngerasain full setiap hari dimasakin istri atau ngemasakin suami. 

Buka puasa menurut saya jadi bonding buat anak dan orangtuanya, juga buat suami dan istrinya. Kalau sebelumnya kita bisa sampe belasan kali bukber di luar bareng temen atau rekan kerja, kali ini akan jadi moment yang nggak akan dilupain karena full berbuka puasa bareng keluarga tercinta. Walau suatu saat (mungkin) ketika moment ini diputer ulang di ingatan akan sedikit nyisain perasaan sedih karena hampir setiap hari dilalui penuh kecemasan akan virus, but im sure that you'll never find another grateful like this in the end.


0 Comments