google-site-verification: google4086a67cad748863.html #WEEKLYRECIPE : RESEP SOTO AYAM BANDUNG | Nurelice | Parenting Blogger

#WEEKLYRECIPE : RESEP SOTO AYAM BANDUNG



Sebagai penggemar soto, wajib banget bisa masak aneka soto dari berbagai daerah di Indonesia supaya nggak melulu harus beli pas bokek laper. Dari soto bandung sampe soto lamongan sering saya ubek-ubek resepnya biar dapet rasa yang sesuai aslinya. Kali ini, saya mau coba bagiin resep Soto Bandung yang pernah saya coba buat, menurut saya sih rasanya sesuai, tapi kalo menurut kalian nggak, maapin aja yak. Mo minta maap dulu takut diprotes kayak salah seorang selebhram karena salah tahapan masak waktu kasih resep, hahaha. 

RESEP SOTO BANDUNG
Bahan:
- 250kg daging ayam (boleh dada atau paha)
- 1liter air
- 1cm lengkuas (memarkan)
- 1cm jahe (memarkan)
- 1 buah serai (memarkan)
- 1sdt penyedap
- 1/2sdt garam
- 1/2sdt gula pasir
- merica
- secukupnya minyak untuk menumis (saya pakai margarin)

Bumbu halus:
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- secukupnya ketumbar

Bahan pelengkap:
- bawang merah goreng
- bawang daun 
- seledri
- kacang kedelai goreng
- kerupuk
- sambal 
- kecap manis
- lobak yang audah direbus
- kecap
- acar timun dan wortel

Cara membuat:
- rebus daging ayam hingga empuk, lalu dipotong kotak atau sesuai selera.
- saring air untuk kaldu dan tambahkan air jika dirasa kurang.
- rebus kembali daging ayam hingga mendidih.
- panaskan minyak/margarin, tumis bumbu halus hingga harum, campurkan ke air.
- tambahkan bahan sisa lain, aduk, tunggu hingga matang. 
- sajikan dengan bahan pelengkap.

0 Comments