google-site-verification: google4086a67cad748863.html KELEBIHAN PUNYA ANAK DENGAN JARAK DEKAT | Nurelice | Parenting Blogger

KELEBIHAN PUNYA ANAK DENGAN JARAK DEKAT

Republika

Beberapa pekan terakhir, unggahan seseorang yang mendeklarasikan dirinya memilih child free ramai dibicarakan. Nggak sedikit teman Blogger yang menanggapi aksi tersebut dengan opininya, meanwhile saya masih sibuk ngurusin pantat panci di dapur ketimbang isu itu (re: so sibuk).

Ntah, saya nggak begitu tertarik menanggapi isu child free tersebut karena disamping itu menjadi prinsip oranglain, juga karena saya pernah berada di paham itu pada masanya. Arti dari child free sendiri merupakan keputusan seseorang untuk nggak memiliki anak pasca menikah, hence i think that's not my bussiness to write 'bout it 'cz that's their choice. As a parent, saya juga suka khawatir kok tentang gimana dunia memperlakukan anak-anak saya kelak. That's why i always put their names in my prayers, kasarnya sampe lecet-lecet deh tu kening saking lamanya sujud buat do'ain mereka supaya dunia tetap menyenangkan buat mereka.

Yang jelas, selama prinsip hidup oranglain nggak berpengaruh negatif pada kualitas hidup saya, saya mah yaaa sok bae kajeun aja gitu nggak mau ikut menanggapi apalagi diakhiri dengan kalimat "cuma mengingatkan". Nggak semua jalan yang pernah dilalui orang tersebut dilalui juga sama kita, jadi yaa menurut saya, mungkin aja nih ya... "mengingatkan"-nya kita jadi "pengingat" dia sama luka-luka di masalalu yang akhirnya bikin dia punya prinsip hidup demikian. 

Dih, apaan deh bahasannya jadi kemenong-menong bok, tabrakan amat sama judul. Huhuhu maapin. Yaudah yuk, bahas kelebihan punya anak jarak deketan~ 

Anw, saya sebenernya nggak berencana punya anak dengan jarak deket, bahkan awalnya saya memutuskan untuk hanya punya satu anak aja dalam jangka waktu tertentu karena pengen fokus dan lebih banyak waktu buat diri sendiri. Ndilalah, Allah memberikan rezeki justru dalam waktu yang (menurut saya) deket banget, walaupun kata orang usia anak pertama 3,5tahun itu udah masuk jarak ideal untuk punya adik. But as i say setiap orang punya prinsip dan pandangan berbeda terhadap sesuatu, nggak bisa dipukul rata, menurut saya ya terlalu deket karena belum siap. 

Tapi, setelah anak ke dua saya lahir saya jadi nyesel kenapa nggak dari dulu aja sih nambah anak, hahaha. Alasannya karena kelebihan-kelebihan ini;

1. Baju Newborn Bekas Masih Ada
Dis! Sadar apa nggak, baju newborn tu nggak beli perlu (jelas) tapi beli sayang karena gak kepake lama. Nah, kalo hamil dengan jarak dekat baju-baju bekas kakaknya kemungkinan masih kita simpen, beda cerita kalo kita hamil pas anak pertama udah usia di atas 7 tahun, kalopun baju-bajunya masih ada tapi bisa jadi udah habis sama rayap. 

2. Si Kakak Ada Temen
Stress di awal aja sih karena si sulung biasanya sendiri, semua orang fokusnya ke dia aja tapi tiba-tiba ada makhluk kecil yang nyuri perhatian semua orang jadi ya gak jarang berujung sibling rivalry. Syukurnya, si sulung gak betah lama-lama di fase itu, sekarang udah totally ilang jealousnya, ya wajar lah berantem tipis-tipis. Wkwkwk

3. Masih Terbiasa
I mean, kalo hamil lagi ketika si sulung udah di atas usia balita, kita mungkin akan kaget lagi sama rutinitas per-bayi-an karena udah lama berada di zona nyaman; nyaman tidur, nyaman mandi, nyaman makan, dll. Udah biasa santuy ngapa-ngapain eh tiba-tiba mesti balik grasa-grusu lagi ngerjain segalanya. To put it familiar is sekalian capek. Tapi ya jangan tunji banget ya mak, kasian anaknya. Eh, tau tunji gak siy? Di Sunda orang yang hamilnya deketaaan banget disebutnya tunji a.k.a saTaUN hiJI a.k.a tiap setaun sekali hamil, wkwkwk. 

Sebenernya masih ada beberapa poin yang mau saya tulis, tapi nulis sambil nidurin anak susah mak, wkwkwk. Tar saya update lagi aja kali ya buat tambahannya~ 

0 Comments