google-site-verification: google4086a67cad748863.html YEAY! AKHIRNYA VAKSIN COVID-19 | Nurelice | Parenting Blogger

YEAY! AKHIRNYA VAKSIN COVID-19

 

Kompas

Hae, 

lamaaa banget rasanya nggak ngeblog karena sempet sakit dan alasan sejuta emak-emak; sibuk, alias gak ada waktu. Padahal, waktu mah banyak ya buk, niatnya yang gak banyak. Wkwkwk 

Hari ini, akhirnya saya vaksin dosis pertama gengs, dapet jatah vaksin yang Sinovac btw. Kok telat banget sih baru vaksin sekarang? Jadi gini....

Terhitung 2 bulan lalu, di tempat saya tinggal berlangsung vaksin massal untuk 2 kali jadwal; pemberian dosis pertama dan kedua dengan interval jarak minimal 28 hari. Nah, saya absen waktu jadwal pertama karena... masih takut! Iyak, karena komorbid saya yang nggak sedikit ditambah masih menyusui kan. Udah, lewat tuh kan.

Masuk di jadwal pemberian dosis ke dua. Saya udah ada niatan ikut karena banyak nakes yang udah speak up tentang manfaat pada bayi kalau busui melakukan vaksinasi. Ndilalah, beberapa hari sebelumnya komorbid saya kambuh, Sp. Paru nyuruh saya tunda vaksin karena nggak bisa konsumsi antihistamine karena produksi ASI akan menurun dan saya nggak nyetok inhaler, oksigen pun penjualannya lagi melambung jadi di berbagai apotek di kota saya habis. 

Long story short, hari ini, saya nekad pergi ke sentral vaksinasi. Walaupun hampir setiap hari saya ingusan yang bikin saluran nafas bengkak dan berujung susah nafas, tapi bismillah ae lah buk, namanya juga ikhtiar. Sepanjang antre selalu ngebathin "ya kalo misalkan gak bisa kan seenggaknya udah ada niat buat bikin Indonesia pulih." 

Total waktu yang saya habiskan buat antre itu... 2 jam! Tapi seneeeeng banget karena antrenya nyaman. Dikasih kursi empuk, tempat antre ditendain, bebas ambil air mineral Le Minerale gratis huhu bikin antre jadi ada manis-manisnya gitu gengs.

Memasuki proses screening bikin darah yang tadinya jongkok jadi jumping jack rasanya hahaha takut banget udah lama antre tapi nggak bisa. Tapi, setelah babibu ngobrol banyak (re: curhat), bisa juga buuuk karena alhamdulillah hari itu nggak ada pilek seperti hari-hari sebelumnya, biasanya gak bisa nyentuh air langsung meler dan susah nafas, jangankan nyentuh air, baru bangun pun -subuh- langsung bersin, meler, susah nafas. Saturasi oksigen pun tadi 98, monangis.

Ketika disuruh masuk bilik penyuntikan, udah pasrah ni pasti sakit kayak waktu suntik TT pra-nikah. Eeeh, malah gak berasa apa-apa, seriusan. Saya baru ngeluarin hape mau siap-siap selfie, kata nakesnya "udah teh", yaaaah. 

Kalo nakes baca ini kayaknya responnya "dikasih gak berasa apa-apa protes, dikasih berasa digigit semut sekolbak ngeluh. Gimana sih." Wkwkwk 

Selesai dari bilik penyuntikan, saya diarahkan menuju ruang observasi dan wajib untuk nggak meninggalkan area sentral vaksinasi untuk melihat adanya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) atau nggak. Terus terus, ada keluhan gak?

Keluhan yang saya rasain selama nunggu 15 menit itu (setelah vaksinasi) sih cuma pusing dan mual aja, nggak ada keluhan lain yang dirasa, bahkan nggak ngerasa kebas atau sakit di bekas penyuntikan. Kalau kalian gimana? Cerita yuk di kolom komentar tentang pengalaman vaksinasinya, xoxo. 











0 Comments