google-site-verification: google4086a67cad748863.html PELAJARAN DARI FILM TWIVORTIARE | Nurelice | Parenting Blogger

PELAJARAN DARI FILM TWIVORTIARE


Film lama emang, tapi baru pengen nulis sekarang tentang ini huhu gapapa lah ya maaak lebih baik telat daripada nggak tersalurkan sama sekali hasrat nulisnya, lol.

Saya comot sinopsis film Twivortiare dari laman Wikipedia.

"Pertama mereka bertemu, langsung jatuh cinta. Dalam hitungan bulan, mereka menikah. Setelah dua tahun, setelah lelah dengan semua konflik dan pertengkaran yang tak berujung, akhirnya, sang dokter bedah yang super sibuk, Beno Wicaksono (Reza Rahardian), dan Sang bankir sukses, Alexandra Rhea (Raihaanun) memutuskan untuk bercerai. Sahabat Alex, Wina (Anggika Bolsterli), menyebutnya sebagai perceraian yang tak pernah serius berpisah, karena tautan berbagai peristiwa senantiasa mempertemukan mereka. Sekali pun ada laki-laki lain, Denny (Denny Sumargo) yang berusaha mengisi hati Alexandra, tapi tetap saja, kuatnya rasa cinta yang dipaksa untuk mati, malah makin bersemi. Mereka pun bersatu lagi. Pernikahan kedua pun terjadi. Kali ini Beno dan Alex berjanji, akan menjalani pernikahan ini dengan sikap lebih dewasa, saling mengerti dan mau mengalah. Mereka yakin, mereka bisa, karena masih saling cinta. Tapi apakah benar, cinta saja cukup? atau yang mereka rasakan itu... bukanlah cinta?"

Sebuah film tentang gambaran percekcokan klasik dalam pernikahan yang nggak jenuh ditonton menurut saya. Karena, meski kita udah nikah dan banyak ngalamin cekcok kayak kecewa, cemburu, ngerasa diabaikan dan deretan masalah dasar lain yang pasti kejadian dalam pernikahan, gak jarang kita akan dibuat melongo sama cara penyelesaian yang orang lain lakuin.

Nonton film itu jadi salah satu quality time yang sering saya lakuin bareng suami, karena disamping suami kerjanya di rumah which is punya banyak banget waktu buat saya (eh, keluarga) juga kita movie holic. Ada kali 35% kita belajar soal marriage life, parenting, politik endebla endebla dari film. Dan, ini beberapa poin yang saya pelajari ketika nonton film Twivortiare:

1. MANTAN TIDAK LEBIH BAIK DARI PASANGAN

Diceritain di film, ketika Benno sama Alex memutuskan buat berpisah, Alex kembali deket sama mantannya Denny (bener gak sih mak mantannya? CMIIW) 

Di scene dalam mobil, Alex sama Denny kikuk karena Alex salah jawab. Harusnya Denny, tapi dia malah bilang Benno. Lalu Denny jawab:
"tadinya nggak apa-apa, tapi kayaknya nggak bisa nggak apa-apa." 

Saya termasuk orang yang ketika udah berani melangkah ke depan sama seseorang, berarti saya udah bener-bener ngelangkah tanpa bawa bayangan oranglain di belakang saya. Cuma ada bayangan saya dan seseorang di samping saya saat itu. Hence, ketika ada temen saya yang udah nikah terus dia bilang "kok suami gue gini ya, padahal mantan gue dulu gak pernah loh ngecewain gue segininya." selalu saya diemin aja. 

Saya inget banget pernah baca quotes:
"Sebaik apapun mantan kamu, kebaikannya nggak akan bisa ngalahin pasangan halalmu." 

Jangan pernah lari ke oranglain ketika ada masalah sama pasangan, apalagi larinya ke mantan. Just dont! Sebucin apapun kalian ke mantan misalnya, saya yakin ujungnya kalian pasti ngerasa nggak ada yang setulus dan sebaik pasangan halal kita. Sebucin apapun kalian ke mantan kalian, kenangan pahit dan manis yang udah dilalui sama pasangan halal akan terus ngikutin kalian, akhirnya perasaan bucin kalian ke mantan bakal retas dan hubungan terasa hambar. Karena, seindah apapun kenangan sama oranglain, tetep gak ada seupilnya kenangan kita bareng pasangan halal. Semoga dijauhin deh ya dari pikiran kalo mantan lebih baik dari pasangan kita, ngeri maaak.

2. MENJAGA KOMUNIKASI

I never get bored to remind us to keep communicated in our marriage, karena komunikasi itu kunci utama pernikahan. 

Saya nyolek pak bojo pake tenaga dalam waktu Alex mau cerita tapi Benno selalu ngeluh "besok ya bahasnya, aku cape." sekali duakali mungkin masih bisa tolerate ya tapi kalau setiap mau cerita diberentiin, dibesokin, ujungnya nggak jadi ceritanya ya gimana ya.. 

Sama halnya kayak sex buat suami, kebutuhannya emang di situ kan. Kalau setiap pengen dan direject sama istri kan ya gimana coba pak... 

Jangan sampe kita dan pasangan nggak punya waktu sama sekali buat ngobrol. Seru loh ngobrol ngalor ngidul bareng pasangan saat Pillow Talk itu, dari mulai bicarain soal anak, gosip selebriti, malah bisa ngalir bahas apa-apa aja yang bikin kita gak enak, apa aja yang bikin kita ngerasa disayang. Kalau pasanganmu komunikatif, ujungnya bakal jadi bahan buat saling koreksi. 

"Oh ternyata kamu gak suka ya kalau aku kayak gitu, maaf ya aku gak ngeuh.. Aku juga kurang suka sih honestly kalau kamu....." 

Komunikasi yang asique harusnya bisa kesana sih ya ujungnya, hehe. Merekonsiliasi keadaan pernikahan yang udah terlanjur rumit itu gak gampil, makannya komunikasi jadi kunci utama buat tetep ada di jalur harmonis. Ada uneg-uneg baiknya disampein segera daripada nunggu 'balon mendem'-nya keisi full lalu meletus di waktu yang gak tepat malah jadi lebih susah rapihin bekas pecahan balonnya. 

3. BELAJAR ITU HARUSNYA BERDUA

Di ending film, ketika Benno ngasih voice notes ke Alex, Alex bilang;
"Kamu salah, bukan hanya kamu yang harus belajar tapi aku juga." 

Udah mau 5 tahun nikah dan saya baru sadar makna dari pernikahan itu ibadah terlama. Seatap sama orang yang gak kita kenal itu challenging banget, yang bilang lelah kuliah mau nikah aja monmaap mo nikah sama gedebog pisang kelen? 

Seringkali jodoh itu malah tipe yang bersebrangan sama diri kita. Kita perfectionist, pasangan ambyar acakawut. Naruh handuk basah banget di atas kasur, musim pancaroba pula, disitu ibadahnya; sabar tanpa batas sepanjang sisa hidup kita, hahaha lebay ya tapi beneran perkara sesepele apapun kalau bathin kita lagi agak nyerong ya bakal jadi masalah besar. Makannya ketika sabar, termasuk ibadah juga. 

Belajar.
Belajar senyum ketika mau cerita penting tapi pasangan cape, juga belajar untuk nyempetin nanya "eh kemarin mau cerita apa maaf ya aku cape malem" 

Belajar pegang komitmen yang udah disepakati bersama, sesulit apapun kondisinya jangan sampe kita nggak ngelakuin apa yang udah kita ucapin.

Belajar konsisten ngelakuin sesuatu dari awal sama-sama yang bikin pasangan tetep ngerasa disayangin, as simpe as saying "I Love You".

Dan, belajar-belajar lainnya yang bikin rontok jari kalau ditulis semua. Bahagia dan diberkahi selalu ya mamak & bapak semua pernikahannya, semoga cerita baik pernikahan kita semua mampu menginspirasi oranglain. 🤗

1 Comments