google-site-verification: google4086a67cad748863.html Menjadi Ibu Perlu Ilmu | Nurelice | Parenting Blogger

Menjadi Ibu Perlu Ilmu



Ketika saya mau masuk SMA, ada satu teman dengan latar belakang kurang berada lalu disarankan untuk menikah oleh keluarganya, karena waktu itu ada seorang lelaki berusia kurang lebih 24 tahun yang siap menikahinya. Yang ada dalam pikiran saya waktu itu adalah; emang dia bisa masak? Karena saya gak memungkiri kalau orangtua dulu selalu mengkaitkan kelihaian memasak dan mengurus rumah untuk pernikahan, alhasil, waktu itu saya kedoktrin kalau mau nikah harus jago masak dan beberes dulu. LOL

"Nikah mah, kita sebagai perempuan cuma perlu nyiapin kekuatan pas malam pertama dan ngelahirin doang, urusan masak dan yang lain mah gampang, nanti juga bisa sendiri." Kalimat ini keluar dari mulut neneknya teman saya, sembari tersenyum lebar, seakan yakin bahwa menikah segampang itu. 

Walaupun saya dulu sempet kedoktrin kalau mau nikah harus jago masak dulu, tapi saya tetep punya pemikiran kalau jadi orangtua itu perlu banget teori. Saya, yang sempat kecewa pada ayah saya karena ketidaktauannya dalam mengelola emosi dan mengungkapkan rasa khawatir yang tepat pada anak, membuat saya semakin yakin kalau menjadi orangtua tidak bisa hanya mengikuti naluri tanpa dibarengi dengan teori. Tidak bisa "ah, ngurus anak mah nanti juga bisa sendiri."

[Baca: 3 Kata Yang Tidak Seharusnya Orangtua Katakan]

Iya, ngurus anak memang nanti bisa sendiri. Seperti saya yang awalnya selalu dikomentari perawat karena cara saya menggendong anak masih salah, lama kelamaan jadi terbiasa dan bisa. Seperti saya yang awalnya memandikan anak harus selalu oleh ibu saya, lama kelamaan terbiasa dan bisa. Seperti saya yang awalnya menggendong anak memakai kain jarik harus dengan bantuan suami atau ibu, lama kelamaan terbiasa dan bisa. 

Tapi, nyatanya mengurus anak tidak melulu soal gimana cara memandikan, mengganti baju, menggendong, dan hal yang sifatnya sementara itu, karena seiring berjalannya waktu kita sebagai orangtua gak lagi akan memandikan dan menggendong anak-anak kita. 

Memandikan, terkesan mudah tapi nyatanya kita perlu teori. Karena (mohon maaf sekali) setelah saya punya anak, orang yang katanya sangat berpengalaman dalam mengurus bayi, ternyata cara memandikannya tidak tepat dengan apa yang saya pelajari di masa sekarang. Ketika saya membasahi bagian kaki anak saya terlebih dulu, seseorang mengkritik "ndak usah basahi kaki dulu, saya lebih pengalaman, guyur aja langsung kepalanya, orang-orang jaman dulu gitu. Gapernah basahi kakinya dulu." *sigh*

Menggendong, hampir semua kayaknya orang dulu selalu pake cukin/jarik ketika menggendong. Termasuk anak saya, ketika digendong keluarga pasti pakai jarik yang cara nggendongnya itu sebadan-badan bayi ditutupi pakai jarik sampe keliatan kayak udang yang selesai digoreng. Ternyata, cara gendong kayak begitu gak dianjurkan. Salah lagi, karena kurangnya teori, waktu itu. 

Memulai MPASI, iniiii tantangan banget. Beberapa bulan sebelum anak saya mulai mencicipi makanan lain selain ASI, saya selalu sibuk nyari tau tentang metode, peralatan, tekstur, jadwal makan, ndeble-ndeble. Hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi WHO garis keras. 😂 Sampe ketika beberapa hari anak saya udah mulai MPASI, ada yang nyeletuk,

"pantes anaknya susah makan, di makanannya gak dikasih garam gula, kasih gula merah aja biar enakan."

"anak saya pas pertama dikasih yang anyir-anyir dikasih terasi mentah, karena terasi kan udah ada segala tuh, liat aja orang-orang jaman dulu kuat-kuat."

"kok ngasih makan dicampurin gini, harusnya kayak makanan instan bayi yang sachet itu, kalau beras merah yaudah beras merah aja, kalau kacang ijo yaudah kacang ijo, blablabla"

Bayangin deh kalau saya dulu gak baca-baca dulu, gak nyari tau dulu teori tentang MPASI, gak punya panduan tentang gimana berpengaruhnya ngasih makanan yang tepat buat tumbuh kembang anak, udah saya kasih ikan asin kali ya anak saya sekalian setelah ta' kasih terasi. 😭

Saya bukan mau membeberkan bahwa orang-orang jaman dulu salah dalam membesarkan anak, karena faktanya gak semuanya salah. Tapi kita, khususnya saya, orangtua yang hidup di era sekarang harus lebih banyak baca dan banyak percaya pada ilmu dan penelitian yang udah banyak orang hebat lakuin buat bekal kita sebagai ibu baru. Menikah itu gak semudah melayani suami di malam pertama *GAK DENG, MP JUGA GAK MUDAH, EKE TEPAR SAMPE DILARIKAN KE DOKTER* *TUHKAN MP AJA GAK MUDAH, APALAGI BESARIN ANAK* kita perlu banget teori, contohnya ketika anak kita nanti tantrum, kebanyakan orangtua bakal marah-marah atau malah menuruti apa yang anak mau, padahal menurut ilmu yang saya sering baca, kita harus tegas ketika anak tantrum. Kayak waktu itu saya liat Instagram-nya Ko Ernest, Snow nangis-nangis minta digendong karena males jalan, Ko Ernest tegas bilang enggak karena kalau anak minta sesuatu pake nangis dan kita iya-in, bakal jadi senjata disetiap permintaan karena anak tau kalau nangis pasti dikasih. 

Well, kalau kita punya teori, setidaknya kita tau mana yang tepat buat diterapin ke anak. Karena nyatanya hal yang dianggap sepele seperti menggendong, memandikan, memberi makan saja perlu teori yang mungkin akan sulit kita dapat dari orangtua kita yang masih menerapkan cara terdahulu. 

Kalau kita punya teori, setidaknya kita tau bahwa ASI tidak akan dingin dan membuat anak kita menggigil atau cegukan setelah kita menyeruput segelas lemon ice. 

Kalau kita punya teori, setidaknya kita tau bahwa menggendong bayi dengan baby carrier tidak akan membuat kaki anak kita menjadi O.

Kalau kita punya teori, setidaknya kita tau bahwa ketika memandikan bayi kita tidak perlu baca mantra "bong bong ka cirebon... sumpingkeun babageurna hilangkeun ogona." agar anak kita menjadi sholeh. 

Kalau kita punya teori, setidaknya kita tau bahwa menghadapi bayi GTM (Gerakan Tutup Mulut) ketika makan tidak perlu dengan cara memaksa mulut bayi terbuka dan menekan sendok agar mendobrak mulutnya yang tertutup. 

Menjadi ibu dengan ilmu, 
Tidak semudah yang diutarakan, juga tidak sesulit yang diperbincangkan. 

Karena belajar,
tidak melulu harus nampak seorang pengajar. 
Karena menggali teori,
tidak melulu harus memasuki bangunan yang berakreditasi. 



Xoxo,


0 Comments