google-site-verification: google4086a67cad748863.html TIPS DAN CERITA TENTANG TOILET TRAINING | Nurelice | Parenting Blogger

TIPS DAN CERITA TENTANG TOILET TRAINING


Toilet training, sebuah istilah untuk melatih anak buang air kecil maupun besar di toilet bukan di diaper. Saya enggak tau kapan dan darimana asalnya istilah ini karena males googling lol, tapi melirik nama dan rentetan tools-nya udah pasti sih ya dari luar. Iyalah~~~

It's really really late to write but better late than never, right? Anak saya sekarang usia 33 bulan dan saya ngenalin dia toilet training itu di usianya belum nginjek setahun. Telat banget kan? Kaaan?!

Apa dan gimana sih cara awal buat ngenalin anak sama toilet training? Kalau saya; sounding. Just sounding. Tanpa beli alat-alat yang direkomendasiin sebagai penunjang toilet training... at all. Tapi nanti saya akan tulis apa aja benda-benda yang sempat saya wishlist di bawah.

Waktu usia anak saya sekitar 8 bulanan saya sering sounding ke anak saya "udah mau setahun nih anak Bua, nanti kalau pee & poo belajar di WC yuuu." reaksi anak saya waktu itu; gak ngedengerin dong~ asik aja sama mainan, enggak noleh sama sekali. But as a toilet training fighter saya enggak mau nyerah karena puluhan kali gak didengerin, karena... lumayan lho itu kalau sampe berhenti diaper di usia dini, anggaran diaper perbulan bisa di switch untuk SK-II, hahaha.

Entah ke berapa kali sounding, anak saya tiba-tiba kasih tanda kalau mau pee dengan goyangin kaki dan badan. Saya langsung arahin dan sounding dia lagi kalau mau pee langsung di closet dewasa. Padahal tadinya pengen banget beli potty training yang lucu-lucu gitu bentuknya even ada yang sampe ada tombolnya gitu buat nyanyi yang relevan sama ajakan peeing & poop di toilet, kyuuuut. Tapi enggak sempat beli karena enggak ngira bakal cepet bisa peeing di toilet. Dan setelah bisa di toilet dan closet dewasa, sayang ah beli, harganya melebihi lipstick Dior sama Chanel, wkwkwk.

Setelah bisa pee di toilet, tinggal ngelatih poo aja. Dan lebih challenging sih, seriously, for me. Karena awal-awal sering banget goyangin kaki dan badan gitu tapi ternyata gak pee dan gak poop juga, 5 menit kemudian goyangin lagi dan enggak lagi, akhirnya tetep poop di diaper. Berhasilnya kayaknya sekitar usia satu setengah tahunan deh, lupa. Setelah itu anak saya udah lepas diaper siang dan malam. Ohya, kalau mau mulai lepas diaper sebaiknya latih tanpa popok di siang hari dulu, alasan saya sih karena kasian aja kalau malem harus genti celana terus keganggu tidurnya.

Buat mummies yang anaknya usia setahun atau satu setengah tahun udah bisa bicara kayaknya sih lebih mudah menurut saya, karena pasti si anak sedikitnya bisa diajak komunikasi dan bilang kalau mau apa-apa termasuk poo & pee. FYI, anak saya kemasuk telat sampe pikiran saya mengarah ke speech delay karena sampe usia hampir dua tahun no much words he know and says. Tapi ternyata enggak, hamdallah. Dan sekarang malah kebalikannya; gak bisa direm. Kayaknya nanti pengen nulis cerita telat ini di kategori curhat, lol.

Kapan sih waktu yang tepat untuk mulai toilet training pada anak? Saya akan paste tulisan yang terlampir di laman ALODOKTER

Untuk mengetahui tanda awal seorang anak siap untuk diberikan toilet training adalah dengan melihat kesiapan fisik dan emosionalnya. Tanda-tanda anak siap secara fisik adalah ketika dia mampu mengontrol keinginan untuk BAK dan BAB. Hal ini jarang terjadi sebelum usia 1 tahun 6 bulan. Anda bisa mengetahui kesiapan fisik ini jika:

•Anak memperlihatkan ekspresi saat menahan BAK atau BAB.

•Popok kering saat bangun tidur atau setelah dua jam pemakaian.

•Tidak BAB di popok saat malam hari.

•BAB terjadi pada waktu yang sama tiap harinya atau pada waktu yang tidak bisa diprediksi.

•Anak mampu melepas dan memakai pakaian serta mampu berkomunikasi dengan Anda tentang pemakaian toilet.

Dan ini alat-alat yang saya wishlist untuk toilet training:

1. TRAINING PANTS

 


2. POTTY TRAINING



3. SPREI WATERPROOF



Semangat dan sabar ya buat para mummy yang baru mulai toilet training, mari pelukan! 

4 Comments

  1. makaish tipsnay, dulu dau anakku sih gak susah

    ReplyDelete
  2. Wah kalau melihat tanda tanda di atas berarti anak saya sudah bisa toilet training nih. Cuma gimana kadang deg2an plus masih kebayang ribetnya ngepel dan jemur kasur kalau dia ngompol. Bismillah aja deh semoga bisa.

    ReplyDelete
  3. Semangat, Kak. Boleh coba pakai sprei waterproof Kak supaya ngga terlalu rembes ke kasur :D

    ReplyDelete