google-site-verification: google4086a67cad748863.html KULINER KHAS KOTA GARUT | Nurelice | Parenting Blogger

KULINER KHAS KOTA GARUT

Hae,
Sering banget makan di luar tapi jarang saya post di Blog, huhuhu sayang banget padahal kuliner itu salah satu keyword yang sering dicari di Google. Blogger mah gitu ye kan, traffic traffic traffic!

Sekarang pengen share apa aja sih makanan yang jadi khasnya orang Garut. Pardon me, all photos not mine karena keseringan ketika makan ya makan aja enggak foto. But, trust me saya udah nyobain semuanya kok.

1. BASO ACI CEU IMAS


Orang yang tinggal di Kota yang deket ke Kota Garut kayaknya kebangetan kalo belom tau jajanan ini, sangking haipnya gewla. Temen saya pun banyak yang jadi reseller atau sekedar dropship jajanan ini, laku-laku pulak.

Kalo boleh dibilang, menurut saya sih ya, baso ceu imas ini enggak murni yang baso aci banget. Karena satu pack itu isinya kebanyakan adonan baso dagingnya ketimbang aci (kanji). For example kayak tahu baso, adonannya kan daging, bukan full tepung kanji. Terus lagi siomay dan bakso besarnya yang full daging.

Setelah hampir empat tahun tinggal di Garut, berbagai baso aci udah saya cobain dari yang kalangan bawah banget sampe yang elite, lol. Dan buat saya pribadi, mamam baso aci kurang mantul kalau kebanyakan yang beradonan daging gitu, enakan yang full baso adonan tepung kanji dengan isi yang beragam. Apalagi pecel. Can't finish falling in love with you, Cel.

But, baso ceu imas still be my favourite one. Meskipun tempat jualannya masuk gang, tapi kalau udah enak mah tetep laku ya. As ever Calum Scott said;
I'd climb every mountain~
And swim every ocean~~

Oya, ini alamatnya ya..
Jl. Karacak No.49, Kota Kulon, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44112

2. ES GOYOBOD



Kalau berkunjung ke Kota Intan ini, kalian bakal nemuin banyak banget roda yang bertuliskan Es Goyobod Alun Alun dengan corak dan warna yang selaras satu sama lain.

Minuman yang berbahan dasar santan ini dipadukan sama potongan alpukat, pacar cina, roti tawar dan olahan pati kacang hijau atau yang biasa disebut hunkwe, enggak ketinggalan es serut dan susu kental manis.

Unik sih, gak jauh beda sama es campur dan es lain yang berbahan dasar santan dipakein es serut. Bedanya cuma ditambahin olahan tepung hunkwe aja.

Jajanan ini gampang ditemuin dimana aja disini, cuma kebanyakan mamangnya mangkal di Alun-Alun Garut.

3. DODOL GARUT


Image result for dodol garut

Jadi inget waktu saya kecil, tiap Idul Fitri saya selalu makan dodol banyak karena dibawain kakaknya mama sebagai buah tangan khas Garut. Sampe-sampe dulu jadi peluang usaha tahunan, setiap lebaran pasti ngiloin dodol. Dulu kan orang-orang jarang banget main lintas kota gitu ditambah belum sampenya pengetahuan tentang jasa kurir ke desa saya, lol.

Brand dodol ini macem-macem dan katanya buanyak banget, tapi yang melekat di saya -mungkin juga di ingatan setiap orang sih- ya dodol picnic ini. Selain memang lebih tersohor, dodol ini juga sempet booming karena memes "Dodol aja picnic, masa kamu enggak." anekdot itu jadi bahan timpalan buat orang-orang yang ndeplek terus di rumah ngurusin ketel dan sapu. Iya, saya~

Jl. Pasundan, Kota Kulon, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44112

4. KERUPUK KULIT DOROKDOK


Image result for DOROKDOK

Kerupuk yang berbahan dasar kulit sapi ini dinamakan dorokdok karena katanya waktu dikunyah menghasilkan bunyi dorok dok dari teksture-nya yang renyah cenderung keras. Panganan satu ini pun diklaim lahir di Kota Garut.
Enak banget buat dijadiin temen makan bakso aci, hahaha. Dicampur ke kuah bakso sampe setengah lunak terus dimakan.

Tapi mesti hati-hati juga sih jajan makanan ini karena katanya ada beberapa oknum yang sengaja bikin kerupuk kulit dorokdok berbahan limbah yang diberi tawas. Ada beberapa tips yang saya comot dari laman kompasiana di bawah;

Kerupuk Kulit Asli

- Permukaan kulit kasar dan berpori-pori
- Warna agak gelap kecoklatan
- Tidak terasa berbau atau aneh saat dikonsumsi
- Nyaman di tenggorokan
- Digoreng akan mekar

Kerupuk Kulit Palsu

- Permukaan kulit cenderung halus/licin
- Warna kerupuk lebih terang berkilau karena mengandung bahan kimia
- Terasa bau bahan sintetis atau bahan kimiawi saat dikonsumsi
- Tenggorokan terasa gatal dan nyeri setelah mengkonsumsinya
- Tidak mekar saat digoreng, kecuali menggunakan campuran tawas tadi

Semoga tips di atas membantu ya..

5. BURAYOT

Image result for BURAYOT

Pertama kali saya tau burayot itu dari TV. Dulu, salah satu siaran TV lokal menayangkan episode bertajuk makanan khas dari setiap daerah di Indonesia, salah satunya dari daerah Garut yang dikenal dengan nama burayot. 

"Diberi nama burayot itu karena bentuknya yang menggantung ke bawah. Di Sunda sendiri ada bahasa ngagayot, yang bermakna menggantung di bagian bawah." Tutur salah seorang pembuat kue burayot.

Panganan yang terbuat dari tepung-tepungan ini mempunyai rasa manis sedikit gurih. Tapi, menggorengnya perlu teknik khusus supaya menghasilkan bentuk yang 'ngaburayot'. Lol
Burayot gampil ditemuin di sini, especially di pasar dan toko-toko kue basah. Tapi, salah satu penjual yang lebih tersohor ada di alamat ini:

jl cipanas baru,samping racik desa belakang alfa midi, Pananjung, Tarogong kaler, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151

2 Comments

  1. Wah menarik dan jadi catatan kalo main ke garut.

    Salam
    www.kidalnarsis.com

    ReplyDelete
  2. Iyaaa, mari berkunjung ke Kota Garut, Kak. Makanannya enak-enak.

    ReplyDelete